Senin, 21 September 2009

NAPZA



A. PENGERTIAN NAPZA


  • NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lain) ad bahan/zat/obat yang bila msk kedlm tubuh manusia akan mempengaruhi tubuh terutama otak/susunan saraf pusat, shg menyebabkan gangguan kesehatan fisik, psikis, dan fungsi sosialnya krn terjadi kebiasaan, ketagihan (adiksi) serta ketergantungan (dependensi) terhadap NAPZA.


B. EFEK NAPZA TERHADAP PERILAKU

  1. Golongan Depresan (Downer)
    Ad jenis NAPZA yg berfungsi mengurangi aktifitas fungsional tubuh. Jenis ini membuat pemakaiannya merasa tenang, pendiam dan bahkan membuatnya tertidur dan tdk sadarkan diri. Gol ini termasuk Opioida (morfin, heroin/putauw, kodein), Sedatif (penenang), hipnotik (otot tidur), dan tranquilizer (anti cemas)

  2. Golongan Stimulan(Upper)
    Adalah jenis NAPZA yg dpt merangsang fungsi tubuh dan meningkatkan kegairahan kerja. Jenis ini membuat pemakainya menjadi aktif, segar dan bersemangat. Zat yg termasuk gol ini ad : Amfetamin (shabu, esktasi), Kafein, Kokain

  3. Golongan Halusinogen
    Ad jenis NAPZA yang dapat menimbulkan efek halusinasi yang bersifat merubah perasaan dan pikiran dan seringkali menciptakan daya pandang yang berbeda sehingga seluruh perasaan dapat terganggu. Golongan ini tidak digunakan dalam terapi medis. Golongan ini termasuk : Kanabis (ganja), LSD, Mescalin



C. PENYALAHGUNAAN NAPZA

  1. PENYALAHGUNAAN NAPZA ad penggunaan salah satu at beberapa jenis NAPZA scr berkala at teratur diluar indikasi medis,sehingga menimbulkan gangguan kes fisik, psikis dan gangguan fungsi sosial.

  2. KETERGANTUNGAN NAPZA ad keadaan dimana telah terjadi ketergantungan fisik dan psikis, sehingga tubuh memerlukan jumlah NAPZA yg makin bertambah (toleransi), apabila pemakaiannya dikurangi at diberhentikan akan timbul gejala putus zat (withdrawal symptom).

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Architecture. Powered by Blogger